Jurusan Teknik Sipil UNP Latih Tukang dan Masyarakat KSB Kubang Putiah Agam Membangun Rumah Aman Gempa

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP) telah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan konstruksi rumah aman gempa di Kanagarian Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam.

Pelatihan melibatkan tukang bangunan dan masyarakat Kampung Siaga Bencana (KSB) di Nagari Kubang Putiah ini berlangsung pada 25 Agustus 2022 lalu.

Dipilihnya Nagari Kubang Putiah, karena nagari ini terletak di kaki Gunung Marapi. Selain itu, nagari ini ditetapkan sebagai KSB yang dicanangkan oleh kepala Dinas Sosial Sumatera Barat (Sumbar) sejak 17 Desember 2019. Nagari Kubang Putiah merupakan nagari yang pertama membentuk KSB di Kabupaten Agam.

Ketua PKM Teknik Sipil UNP Annisa Prita Melinda, S.T., M.T menjelaskan, pelatihan konstruksi rumah aman gempa bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya risiko bencana yang sewaktu-waktu mengancam masyarakat.

Kerusakan infrastruktur akibat gempa vulkanik menurutnya terjadi pada konstruksi bangunan. Terutama pada bangunan rumah sederhana yang dimiliki masyarakat Kubang Putiah.

“Daerah ini rawan gempa vulkanik. Oleh karena itu, kita memberikan pelatihan kepada masyarakat KSB, karena mereka belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai konstruksi rumah aman gempa, khususnya kepada tukang bangunan lokal yang sesuai dengan peraturan perencanaan konstruksi yang berlaku,”

Annisa menambahkan, pelatihan yang diberikan diharapkan memberikan kontribusi untuk meminimalisir kerusakan bangunan jika terjadinya bencana gempa. Serta dapat menarik perhatian bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan menjadi tukang bangunan yang berkompeten.

“Kita awali melakukan observasi lapangan. Kemudian sosialisasi kegiatan pelatihan kemampuan tukang bangunan lokal, untuk meningkatkan pemahaman mengenai konstruksi rumah aman gempa. Kita juga melaksanakan pelatihan dan evaluasi pada tukang lokal dalam mendirikan bangunan rumah aman gempa,” tambahnya.

Tim PKM Teknik UNP melibatkan pakar–pakar di bidangnya. Seperti Dr. Fahmi Rizal,M.Pd., M.T. yang ahli dibidang teknologi hidrolika, serta Dr. Juniman Silalahi, M.Pd. yang menguasai struktur beton, mekanika rekayasa, dan praktek kayu .

Dalam sosialisasi, Tim PKM Teknik UNP memberikan beberapa materi penyuluhan. Di antaranya mengenai mutu batu bata yang disampaikan oleh Totoh Andayono, S.T., M.T.

Sedangkan materi tentang Konstruksi Bangunan Rumah Aman Gempa disampaikan oleh Prima Zola, S.T, M.T, materi Keselamatan Kerja Konstruksi oleh Fitra Rifwan, S.Pd., M.T.

Kegiatan pengabdian ditutup oleh praktek tulangan dan perkayuan yang dipandu oleh Teknisi Batu Beton Afriwaldi dan Teknisi Perkayuan Rahmat, dan Tim PKM dari Teknik Sipil UNP.

PKM Teknik UNP ini turut dihadiri Kepala Departemen Teknik Sipil UNP, Faisal Ashar, Ph.D dan Sekretaris, Dr.Eng Prima Yane Putri serta Tim Dosen dan Wali Nagari Kubang Putiah, Magdavera.

sumber: https://www.suararantau.com/jurusan-teknik-sipil-unp-latih-tukang-dan-masyarakat-ksb-kubang-putiah-agam-membangun-rumah-aman-gempa/1/

Related posts

Leave a Comment