Pelatihan Pembuatan Batako (Concrete Block)

SESUAI SNI 03-0349-2989 UNTUK PEMUDA PUTUS SEKOLAH
di Kecamatan Nagari Pauah Duo Nan Batigo Kabupaten Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di wilayah timur Provinsi Sumatera Barat dengan pusat pemerintahannya terletak di Padang Aro, sekitar 161 km dari pusat Kota Padang dengan jumlah penduduknya 148.437 jiwa. Dilihat dari geografisnya, Kabupaten Solok Selatan berada pada 01° 17’ 13” – 01° 46’ 45” Lintang Selatan dan 100° 53’ 24”- 101° 26’ 27” Bujur Timur. Kabupaten Solok Selatan mempunyai 7 kecamatan dengan Kecamatan Sangir Balai Janggo memiliki wilayah terluas, yaitu 686,94 Km2. Berdasarkan data statistik tahun 2018, secara demografi kabupaten Solok Selatan masih dihadapkan dengan permasalahan ketenagakerjaan yang juga berasal dari banyaknya pemuda yang putus dengan pengangguran terbuka sebanyak 4.434 orang. Jumlah masyarakat dengan yang tidak mampu mencapai Pendidikan sekolah menegah atas mencapai 46.389 orang.
Selain permasalahan ketenagakerjaan, kabupaten Solok Selatan juga memiliki potensi bencana kerusakan bangunan jika terjadi gempa bumi di masa mendatang. Berdasarkan catatan gempa 2009 dan 2019 banyak sekali rumah masyarakat yang menggunakan dinding tembokan terutama terbuat dari batako yang rusak. Pada umumnya batako yang digunakan di daerah Sumatera Barat diproduksi secara rumahan dan tanpa pengawasan sehingga menghasilkan kualitas batako yang rendah dan belum tentu sesuai dengan SNI 03-0349-1989 tentang mutu batako.

Contoh dinding batako yang rusak akibat gempa

Untuk itu perlu dilakukan pelatihan mengenai pembuatan batako yang dapat memenuhi syarat mutu SNI 03-0349-1989 di daerah Solok Selatan dengan menyasar kepada pemuda yang putus sekolah, dengan harapan dapat memberikan keterampilan baru dan ilmu serta mencetuskan ide untuk kemungkinan berwirausaha di bidang penyediaan kebutuhan batako. Kegiatan ini juga dapat diikuti oleh pelaku konstruksi untuk mengetahui syarat mutu dan cara pemmbuatan batako yang memenuhi ketentuan SNI 03-0349-1989.
Berikut adalah alat-alat dan bahan yang dibutuhkan dan digunakan untuk pembuatan batako

Pelatihan ini disampaikan dengan metode ceramah dan praktek kerja pembuatan batako.
Metode ceramah memaparkan pengertian Batako dan syarat-sayarat batako sesuai standar. Selain itu juga menekankan pentingnya membuat batako yang kuat.

Gambar 5. Ceramah tentang Batako sesuai Standar Nasional Indonesia

Setelah memberikan ceramah mengenai Batako yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, pelatihan dilanjutkan dengan workshop atau praktek pembuatan batako yang dilakukan secara berkelompok dan diawasi oleh Ahli/instruktur dan pembantu instruktur.

Suasana Praktek Pembuatan Batako Bagi Pemuda Putus Sekolah pada PKM 2019 UNP

Related posts

Leave a Comment